Bootloader XP tertimpa oleh Windows 7

Selasa, 28 Februari 2012 2 komentar
Beberapa hari yang lalu teman saya menginstall Windows XP pada Laptop yang awalnya sudah terinstall Windows 7, dan secara otomatis Windows 7 ny tertimpa oleh boot XP. dan dia bertanya kepada saya. bagaimana cara mengembalikan boot 7 tanpa menghilangkan boot XPnya. Untungnya saya sudah pernah mengalami  masalah begini.dan saya langsung memberitahukan solusinya.


Alat:
~ DVD/USB instalasi Windows 7
~ Program EasyBCD
~ Komputer/Laptop yang terinstall Windows XP dan windows 7 (tertimpa Bootloader XP)


Langkah-langkah:
~ Langkah pertama adalah me Repair laptop anda menggunakan DVD/USB instalasi Windows 7
   dalam hal ini saya menggunakan DVD.
~ Setelah masuk dalam boot Instalasi Windows 7 anda bisa langsung
~ Lalu pilih "Repair Your Computer"
~ Setelah proses pencarian system operasi, akan muncul tampilan dari system recovery option, 
   yaitu mendeteksi system operasi yang ada dalam computer kamu, pilih next


~ Setelah itu akan muncul beberapa menu repair, untuk mengembalikan bootloader pilih 
   ‘Status Repair’, dan  tunggu hasilnya,,jika sudah selesai, klik tombol restart dan pada saat booting 
    maka akan masuk ke windows 7
~ Lho kog Windows XPnya yang hilang, tenang kita baru setengah jalan.
~ Setelah masuk ke Windows 7 Install Program EasyBCD disini program ini aka megembalikan 
   Booting Windows Xp anda tanpa menghilangkan bootloader 7 nya.

~ disini saya anggap EasyBCD sudah terinstall, Jalankan aplikasi EasyBCD.
~ Pilih Add New Entry.
~ Pada Sistem Operasi di tab Windows, ganti dengan type windows xp.
~ Selanjutnya hilangkan tanda centang pada Automatically detect correct drive.
~ Tentukan drive dimana win xp diinstal lalu pilih Add Entry
~ Sekarang restart Laptop kamu dan, sekarang Laptop kamu telah terinstall Dual OS (XP, 7)

Related Post:

2 komentar:

Posting Komentar